Liburan telah tiba… Mulai medio Juni hingga medio Agustus ini semua orang di seluruh dunia sedang menikmati masa liburan. Ya, Liburan man! it’s holiday..bro! Dan seperti yang sudah bisa ditebak sebelumnya seluruh Kota tujuan pariwisata mulai dari Bali, Yogya, Jakarta bagian Utara ( kawasan ancol ), Bandung, Pangandaran, dan lainnya- dipastikan sudah mulai disemuti para pencari hiburan / pelancong baik itu domestik maupun luar negeri.

Khusus buat saya yang tinggal di Bandung, apalagi dengan intensitas pekerjaan yang lebih dominan di lapangan, kondisi musim liburan ini sangat dan sudah terasa sejak awal Juni ini. Gerbang utama Bandung mulai dari tol Pasteur dari arah Barat, dan tol Cileunyi dari arah Timur, arus kendaraan baik itu mobil pribadi, angkutan umum, bus2 travel, dan mobil2 carteran semakin padat walaupun masih dalam taraf normal.

Dan apa implikasinya? sudah tentu, Macet! ya iyalah, Bandung bukan musim liburan panjang gini aja udah langganan macet, apalagi sekarang…

Namun dibalik implikasi macet itu, ternyata timbul satu implikasi sistemik yang mahapenting, yaitu roda ekonomi bergerak secara massive. Seluruh sendi perekonomian Bandung bergerak aktif demi memenuhi permintaan pasar ( turis ) ataupun menciptakan suatu pasar baru yang bahkan dalam beberapa produk dan jasa ada yang sama sekali tidak pernah terpikirkan oleh kita. Ya.. Produk jasa itu adalah Industri Kreatif ala Bandung. Bahkan untuk industri kreatif yang bergerak independent pada awalnya, sekarang sudah semakin mengurita bahkan mulai cenderung dikuasai para kapitalis.

Ahh.. sudahlah… yang penting, sekarang musim Liburan, selamat liburan dan sebaik-baiknya liburan adalah berlibur di tanah nusantara karena uang rupiah kita dapat berputar untuk kita juga. Tapi ada beberapa pantangan di musim liburan ini yaitu sebagai berikut ;

1. Jangan buang sampah sembarangan,

2. Untuk kawasan wisata tertentu, jangan Sompral ( sombong / sok jago ).

3. Jangan corat-coret di tempat2 wisata seenaknya.

4. Jangan bawa uang tunai dalam jumlah besar.

5. Yang terakhir, kalo mau “Play”, be safe… hehehe…🙂

About mymandapanda

Love Peace, Making a Good "Manah " to everyone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s