Usul Perbaikan Sistem Di tubuh Persib Profesional

Oleh : Ridho Iskandar

Selesai sudah kompetisi paling bergengsi dan paling semarak di kawasan Asia Tenggara ini dengan memunculkan Arema Indonesia sebagai pemuncak di musim ke-2. Ada yang sedikit menarik dari munculnya Arema sebagai kampiun yang kita semua belum tahu yaitu ternyata pada masa persiapan pra-liga, Arema sempat diisukan akan merger dengan klub sekota Persema malang karena kesulitan finansial. Beruntung Arema berada di tangan pelatih yang saya kira dia cukup jenius -Robert Rene Alberts adalah bekas pelatih U-17 Korea Selatan- Berkat polesannya Arema sukses melanggeng sebagai pemuncak liga dengan selisih 6 poin dari runner-up Persipura Jayapura.

Pelatih Asing lebih mumpuni

Ada Fakta Menarik dari Kesuksesan Para pelatih asing di kompetisi Liga Super Indonesia, sudah dua musim bergulir, posisi kampiun selalu ”akibat” dari polesan Pelatih asing. Di musim kemarin Persipura berada di bawah komando Jacksen Tiago dan musim ini Arema berpesta di bawah kendali Meneer Rene Alberts. Nah dua fakta paling eksplisit tersebut semakin menasbihkan ilmu yang lebih aplikatif, atraktif dan berkualitas dari pelatih asing dibandingkan pelatih lokal. Tentunya memang banyak juga pelatih lokal yang tak kalah baik, namun untuk Persib sebaiknya peran pelatih diberikan kepada stok impor yang berkualitas standar eropa dan Persib tentunya sangat mampu membayar pelatih macam itu.

Pembenahan Sistem oleh Pelatih Asing

Ada anomali dalam sistem kompensasi di kompetisi sepakbola profesional kita yang cukup mengkhawatirkan. Betapa tidak, ternyata sistem kompensasi para pemain Persib tidak bberdasarkan merit sistem yang lazim dipakai di dunia kerja! Ternyata mereka ( para pemain ) digaji hanya berdasarkan bulanan saja persis karyawan kontrak / pekerja borongan. Sebaiknya Persib harus menjadi perintis sistem penggajian pemain paling mutakhir di Indonesia.. ya.. mengapa tidak?! Contoh saja langsung di daratan eropa, sistem gaji berdasarkan mingguan dan akan disimulasikan dengan contoh salah satu Pemain Persib, silakan simak ilustrasi singkatnya ;

Gaji Mingguan :

Nama Pemain : Nova Arianto

Grade : A ( Timnas Senior )

Keterangan

Jumlah dlm rupiah

Partisipasi :

Masuk Latihan

Masuk Tim Inti

Main inti

Masuk Line Up

Masuk sbg pengganti

Kontribusi :

Cetak Gol

Tim Menang

Tim Seri

Tim kalah

Clean Sheet

Potongan :

Pajak Penghasilan

Hukuman Kartu yang tidak perlu

Denda Indisipliner

Total Gaji per Minggu

x 6 hari

Situasional

untuk Penjaga Gawang

6.000.000

1.000.000

1.000.000

1.000.000

0

0

5.000.000

0

0

0

100.000

0

0

14.100.000

Nah, sistem gaji mingguan tidaklah terlalu beda dengan sistem gaji bulanan, sesuai dengan dalam tabel tinggal di kalikan 4, maka hasilnya sekitar Rp. 56 jutaan bersih didapat oleh pemain yang bersangkutan. Tentunya besaran gaji dapat berbeda sesuai dengan status pemain yang dibedakan dalam tabel ilustrasi di bawah ini ;

Grade

Deskripsi

A

Pemain Timnas inti Senior

B

Pemain timnas cadangan senior

C

Pemain Timnas Junior dari U-19 hingga U-23

D

Pemain Lokal Non-timnas Baik

E

Pemain Asing Asia

F

Pemain Junior hasil promosi / transfer

G

Pemain Asing Non-Asia

Catatan Penting : Agar sistem kompensasi pemain dapat berjalan baik, seyogyanya minimal durasi kontrak 2 tahun atau dua musim kompetisi.

Sekian dari saya, semoga usul konsep ini bisa diaplikasikan mulai musim depan atau setidaknya bisa menjadi wacana yang sungguh serius bagi tim manajemen Persib sehingga kasus seperti Budi Sudarsono tidak akan terjadi di kemudian hari. Terima Kasih.

About mymandapanda

Love Peace, Making a Good "Manah " to everyone.

One response »

  1. nurrahman mengatakan:

    semoga semakin baik🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s