James Zaidan Saragih
BERITA TERKAIT

VIVAnews – Tiga pemain klub asing, siang ini telah mengikuti seleksi Timnas Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011 di Lapangan C, Senayan, Jakarta. Mereka adalah James Zaidan Saragih, Arthur Irawan dan Andrea. Dua pemain calon naturalisasi lainnya absen karena mengikuti pemusatan latihan di Portugal, yakni Stefano Lilipaly dan Mark Van Demaarel yang saat ini bermain di FC Utrecht, Belanda.

Seleksi hari pertama siang ini diprioritaskan untuk Pra Olimpiade 2012. Pantauan VIVAnews.com, 19 pemain mengikuti seleksi U-23. Dijadwalkan seleksi tahap pertama berlangsung hingga Minggu, 9 Januari lusa.

Seperti apa profil tiga pemain klub asing yang tengah ikut seleksi Timnas ini? James Zaidan Saragih, 19, lebih banyak berkiprah mengolah bola di AS. Ia lahir di New York, dari pasangan asal Indonesia, Nazaruddin Saragih dan Artita. James menghabiskan waktu dua tahun menekuni ODP (Olympic Development Program), sebuah program pengembangan remaja-remaja berbakat di Amerika Serikat dengan tujuan menyaring peserta Olimpiade.

Selain menekuni ODP, James mengikuti berbagai turnamen domestik maupun internasional khusus remaja. Beberapa di antaranya adalah The Score Tournaments, Dallas Cup, Las Vegas Mayor’s Cup, Zadar International Tournament di Kroasia pada tahun 2005, dan setahun kemudian Thessaloniki’s International Tournament di Yunani.

Selain itu, pengagum Wesley Sneijder ini merupakan salah satu pencetak gol terbanyak di ODP, dan sukses membantu timnya juara Region 1.

Pemain berposisi gelandang serang ini sebenarnya pernah mengikuti seleksi Persebaya U-21 pada bulan Maret tahun lalu. Namun James terkendala masalah administrasi, dan setelah dua bulan berlatih di Surabaya, dia kembali ke New York. Selasa, 4 Januari 2011 malam kemarin, James datang lagi ke Indonesia guna mengikuti seleksi timnas U-23 Indonesia.

Pemain klub asing lainnya Andrea. Saat ini Andrea warganegara Prancis yang sudah 17 tahun bermukim di Bali bersama keluarganya. Andrea sudah datang Rabu, 5 Januari 2011. Saat ini, Andrea bermain di FC Cannes, Prancis.

Sementara Arthur Irawan saat ini terdaftar di klub Inggris, Lytham Town. Arthur sudah WNI dan bukan pemain keturunan. Pemain 19 tahun ini lulusan Jakarta International School. Ia sedang menjalani tes di klub Inggris lainnya, Preston North End. (irv)

• VIVAnews

About mymandapanda

Love Peace, Making a Good "Manah " to everyone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s