PERSIB harus punya visi dan citra yang jelas sebagai satu2 nya klub profesional di daratan Indonesia.

oleh : ridho mymandapanda:ilovekaskus

Persib seyogyanya harus membuat visi yang jelas mau dibawa kemana arah prestasi dan bisnisnya. saya ambil contoh dua klub terbesar di dunia yaitu real madrid dan barcelona. ada disparitas yang signifikan dari kedua klub itu bahkan sangat bertolak belakang. ya.. mungkin kita semua udh tau bahwa visi dari real madrid adalah los galacticos yaitu mengumpulkan semua bintang 2 sepakbola dari seluruh negara di dunia dalam satu tim ( galaksi = perkumpulan bintang2 bercahaya dalam satu tempat ). dan tentunya tidak aneh di real madrid hampir seluruh skuadnya diisi oleh jagoan2 sepakbola nomer wahid yang pernah terlahir di muka bumi seperti CR7 dan Benzema, bahkan hingga pemain legendaris dunia macam zidane dan figo. untuk urusan pemain muda berbakat? real madrid tidak terlalu memikirkannya karena mereka hanya fokus di visi “los galacticos” nya sehingga kehadiran bintang2 nya ( baca : pemain ) akan semakin meningkatkan pundi2 euro nya secara bisnis yang telah menglobal itu.

Nah bagaimana dengan barcelona? tentunya para penggemar el-barca sudah sangat fasih apa yang dilakukan oleh klub ini. ya.. mereka bertolak belakang dengan real madrid, yaitu el-barca hanya fokus di pembinaan pemain muda dan bisnis hanya menjadi sebuah konsekuensi dari investasi ( pemain mudanya ), apabila hal tersebut gagal, maka prestasi dan bisnis klub gagal, atau sebaliknya el-barca menuai hasil yang sangat sukses seperti sekarang ini. tentunya kita semua tahu; messi, iniesta, bojan, dan pedro adalah salah satu alumnus didikan el-barca sejak mereka masih anak2, ( dimana investasi mereka dimulai dari nol ) dan sekarang nilai para pemainnya menjadi beratus kali lipat!!!

Apa kabar dengan persib ( persib pro murni mulai tahun 2008 )?

tampaknya kucuran dana, materi pemain nomer satu di indonesia dan dukungan heroik dari bobotoh masih belum bisa menjadikan persib sukses prestasi. Bahkan sudah lebih dari 14 tahun ini persib paling bagus menapaki prestasi di posisi 3 liga. menurut saya, persib belum punya mainstream dan visi yang jelas dan tegas, apakah harus dengan cara real madrid atau dengan cara el-barca. maka tidaklah aneh apabila posisi persib saat ini selalu berkutat dengan papan tengah saja.

Sudah seharusnya persib menegaskan visi mereka dan mau dibawa kemana arah persib sekarang dan kedepannya, jangka pendek atau jangka panjang?

Solusinya, sebaiknya Persib fokus untuk visi jangka panjang mirip dengan el-barca, karena jelas2 persib gagal total dengan cara real madrid. Persib tidak perlu takut untuk dicibir dan disepelekan dalam waktu 1-2 tahun, tp mulai dari sekarang persib harus benar2 melakukan proses pembinaan pemain muda ( tidak peduli pemain muda itu mau dari bandung, jawabarat, papua atau bahkan pemain muda potensial dari luarnegeri sekalipun ), benahi infrastruktur ( stadion SUS Gedebage, coaching ground, mess pemain terintegrasi dengan fitness center, dll ), rekrut para trainer ( pelatih ) asing, rekrut para ahli gizi, rekrut para profesional yang terbaik dalam urusan administrasi dan keuangan juga teknologi ( kan di bandung punya Unpad, FPOK UPI, Unpar, dan ITB ), meskipun semua itu investasi bernilai milyaran dan hasilnya bakal dipanen 2-3 tahun dari sekarang, saya sangat yakin ( jgn lupa atas kuasa Allah SWT ) Persib jadi raja di Indonesia, dan dalam waktu 5 tahun dari sekarang persib bisa mengaum di pentas Liga champion asia setidaknya sejajar dengan tim dari australia, china dan mungkin jepang.

dan inilah alasan kenapa saya begitu percaya diri Persib bisa ;

1. maung ngora ( Persib U-21 ) bukti –> juara musim kemarin dan sekarang belum pernah kalah.

2. dukungan top manajemen ( pak erick thohir dan pak glen sugita – beserta para pemegang saham lainnya )

3. ini yang paling penting, dukungan bobotoh yang tidak pernah lelah- di seluruh indonesia, bahkan untuk ukuran facebook fan Persib aja udh nembus diatas 50 ribuan lebih, ini merupakan rekor tertinggi di indonesia.

4. Persib satu2 nya tim yang tidak mengandalkan APBD dan hingga sekarang masih kebanjiran sponsor.

Mudah2an Persib bisa bangkit, dan mengaumlah sekeras mungkin… persib we will stay right behind you!!!

About mymandapanda

Love Peace, Making a Good "Manah " to everyone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s